KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas/Semester : X / 2
Nama Guru : GUPRIN
NIP/NIK : -
Sekolah : MA TIA NW WANASAB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : MA TIA NW WANASABA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
7.1. Merespon makna dalam perkenalan dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§ Mengidentifikasi kata yang diucapkan
§ Mengidentifikasi makna kata perkenalan
§ Mengidentifikasi hubungan antara yang berkenalan dan pendengar
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur saat berkenalan
§ Merespon tindak tutur berkenalan
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur menyebutkan identitas
§ Merespon tindak tutur menyebutkan identitas
§ selamat
§ Mengidentifikasi konteks situasi
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
- Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
- Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
- Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi kata yang diucapkan
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
§ Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur saat berkenalan
§ Siswa dapat merespon tindak tutur perkenalan
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur saat menyebutkan alamat
§ Siswa dapat merespon tindak tutur menyebutkan alamat
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyebutkan alamat
§ Siswa dapat merespon tindak tutur menyebutkan alamat
§ Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi
E. Materi Pokok
Introducing one and others
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Siswa mampu mengidentifikasi kata yang didengar, makna kata, makna tindak tutur berkenalan, makna
|
Siswa menganalisa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar yang berkenalan,
|
Siswa mengetahui dan menghafal kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berkenalan,
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
- Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berkenalan,
§ Mendiskusikan materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai perkenalan, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§ Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§ Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
- Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
- Tape
- Kamus
- Kaset/CD
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Mengetahui Wanasaba, 30 Juni 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________________ G U P R I N
Tidak ada komentar:
Posting Komentar